Golongan manusia yang akan mendapatkan surga dari Allah

   Setiap dari kita tentunya sangat menginginkan yang namanya surga. Membicarakan yang namanya surga kita tentu ingin merasakannya. Tetapi untuk menuju ke sana kita di tuntut untuk senantiasa selalu dalam keadaan bertaqwa kepada Allah, tentu ini semua harus kita lakukan, Melakukan Amar makruf nahi mungkar adalah hal yang paling utama. Sesama manusia kita haruslah selalu saling mengingatkan satu sama lain. Namun begitu ada syarat yang harus di penuhi untuk menuju surganya Allah. Kenikmatan yang kita rasakan di dunia ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan nikmatnya surga, jadi kalau kita menginginkan surga hendaklah kita selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Ada beberapa golongan yang Allah janjikan surga yang mana karena melakukan beberapa amalan. Sebagaimana janji Rasulullah, inilah beberapa golongan manusia yang akan mendapatkan surga dari Allah, Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra,

    Rasulullah bersabda, "Ada tujuh macam orang yang bakal bernaung di bawah naungan allah, pada hati tiada naungan kecuali naungan allah, Imam(pemimpin) yang adil, dan pemuda yang rajin ibadah kepada allah. Dan orang yang hatinya selalu gandrung kepada masjid. Dan dua orang yang saling kasih sayang karena allah, baik waktu berkumpul atau berpisah. Dan orang laki yang diajak berzina oleh wanita bangsawan nan cantik, maka menolak dengan kata: saya takut kepada allah. Dan orang yang sedekah dengan sembunyi-sembunyi hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. Dan orang berdzikir ingat pada allah sendirian hingga mencucurkan air matanya". (Hr. Bukhari, Muslim)

   Pemuda yang taat kepada Allah

Waktu muda dari seseorang memang waktu yang paling berharga, tetapi banyak dari pemuda yang tidak memanfaatkan waktu mudanya, yang lebih parah waktu muda dari seseorang digunakan pada hal hal yang tidak bermanfaat, apalagi digunakan untuk ingkar kepada Allah. Dan beruntunglah bagi seorang pemuda yang pada waktu mudanya banyak digunakan untuk beribadah kepada Allah, inilah golongan yang akan mendapatkan surga dari Allah.

   Pemimpin yang adil

Seseorang yang menjadi pemimpin tentunya di tuntut untuk bersikap adil kepada orang yang di pimpinnya, Seorang ayah juga termasuk pemimpin dalam rumah tangga, maka seorang ayah wajib berlaku adil kepada anak anaknya. Begitu juga dengan pemimpin pemimpin yang ada dalam sebuah negara, mereka juga harus berlaku adil kepada semua rakyatnya, mereka tidak boleh membedakan antara masyarakat ini dengan yang itu. Kita tentu pernah mendengar seseorang yang mencalonkan diri menjadi anggota dewan, dan setelah ia menang maka ia pun telah menjadi anggota dewan, tetapi mungkin ada daerah tertentu yang namanya tidak ada pemilihnya, nah disinilah seseorang dibutuhkan keadilan, apakah dia mau bersikap adil pada daerah yang tidak memenangkan namanya, kalau ia tidak mau berlaku adil dan dendam pada daerah yang tadi berarti ia juga bersifat seperti iblis yang dendam kepada nabi Adam, dan apabila ia tidak membedakan daerah daerah tertsebut berarti inilahah pemimpin pemimpin yang akan mendapatkan surga dari Allah, semua itu Allah berikan karena ia telah berlaku adil kepada rakyatnya.

   Seorang yang bersedekah dengan ihklas

Sedekah merupakan amalan tambahan seseorang yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, maka jikalau seseorang bersedekah hendaklah ia bersedekah dengan penuh keihklasan, bersedekahlah dengan karena Allah. karena jika kita bersedekah hanya ingin di anggap sebagai orang yang tidak pelit atau menginginkan pujian dari orang orang maka sedekah itu akan sia sia, dan Allah tidak akan menerima sedekah seseorang itu sebagai amalan..

   Seorang laki laki yang takut dengan godaan perempuan

Pergaulan bebas zaman sekarang sudah tidak terbendung lagi, banyak sekali tempat tempat maksiat yang ada, dan malah tempat tempat tersebut seperti tidak tersentuh dengan hukum. Namun begitu jika seorang laki laki yang selalu takut kepada Allah untuk melakukan hal hal yang di larang agama, yaitu seorang laki laki yang takut dengan godaan seorang perempuan, dan takutnya itu karena Allah, maka ia termasuk ke dalam golongan manusia yang akan mendapatkan surga dari Allah.

   Orang yang takut kepada Allah karena siksaan neraka

Orang orang yang selalu bertaqwa dan selalu mengingat Allah serta takut akan siksaan yang datangnya dari Allah, orang orang yang seperti ini juga juga akan mendapatkan surga dari Allah.

   Laki laki yang hatinya selalu terikat dengan masjid

Shalat jum'at di masjid adalah wajib dilakukan bagi setiap laki laki yang telah cukup umur. Namun begitu bagi laki laki yang selalu shalat di masjid, apalagi shalat berjamaah, maka pahalanya akan berlipat ganda. Seseorang yang hatinya selalu terikat dengan masjid tentunya akan mendapatkan rahmat dari Allah, dan golongan yang seperti ini termasuk kedalam golongan manusia yang akan mendapatkan surga dari Allah, itu semua Allah berikan atas apa yang telah mereka lakukan.

   Seseorang yang saling mengingatkan

Seorang hamba yang saling mengingatkan kepada yang lainnya jika melakukan kesalahan, banyak dari kita kadang kadang jika melihat sesama kita melakukan kesalahan hanya membiarkan saja tanpa mau mengingatkannya. Padahal dengan mengingatkan antara sesama maka akan mendapatkan pahala dari Allah, tapi banyak dari kita yang enggan untuk melakukannya. Tapi bagi seseorang yang mengingatkan seseorang yang melakukan kesalahan, maka orang orang yang seperti ini akan mendapatkan pahala dari Allah, dan termasuk ke dalam salah satu golongan manusia yang akan mendapatkan surganya Allah, masihkah kita tidak mau mengingatkan teman teman kita yang melakukan kesalahan kepada Allah. Padahal perbuatan ini tidak susah dan tidak membutuhkan tenaga.

   Semoga saja kita berada di dalam salah satu golongan tersebut dan akan mendapatkan surganya dari Allah. Aminn.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top