Golongan manusia yang akan menjadi teman iblis di neraka

   Iblis akan senantiasa selalu berusaha untuk mencari temannya sebanyak mungkin dari golongan umat islam, karena ia telah berjanji semenjak nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT. Sesungguhnya iblis telah berjanji untuk menyesatkan seluruh anak Adam agar menjadi temannya di neraka nanti. Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Wahab bin Muhabbih, bahwasanya Allah telah memerintahkan iblis untuk datang kepada Rasulullah, sehingga terjadilah dialog diantara keduanya, di mana Rasulullah menanyakan tentang siapa saja dari umat nya yang akan menjadi teman dari iblis nanti di neraka, maka terjadilah dialog di antara Rasulullah dan iblis. Lalu Rasulullah mulai bertanya kepada iblis, "Hai iblis, siapa saja dari golongan umatku yang akan menjadi temanmu nanti di dalam neraka?

   Lalu iblis pun menjawab pertanyaan dari Rasulullah, "Wahai ya Rasulullah, banyak sekali dari umatmu yang akan menjadi temanku nanti di neraka, karena engkau telah bertanya kepadaku, maka aku pun akan menjawab dari pertanyaanmu, ada sepuluh golongan dari umatmu yang akan menjadi teman ku nanti di neraka" Lalu Rasulullah kembali bertanya kepada iblis, "Siapa saja dari mereka itu? Iblis pun mulai menjawab satu persatu dari pertanyaan Rasulullah, dan inilah sepuluh golongan yang disebutkan oleh iblis yang akan menjadi temannya nanti di neraka,

   Golongan yang pertama yaitu hakim yang tidak adili serta penguasa yang dhalim, yaitu hakim hakim yang tidak adili dalam memutuskan suatu persoalan dimana mereka lebih memihak kepada yang salah dikarenakan mereka telah menyogoknya, hingga yang benar menjadi salah dan yang salah menjadi benar, dan penguasa yang bersifat dhalim, yang lebih mementingkan kehidupan mereka sendiri, mereka suka melakukan korupsi, hingga membuat negaranya menjadi bangkrut.

   Golongan yang ke dua adalah orang yang suka minum khamar dan suka berjudi, mereka ini juga akan menjadi teman iblis nanti di dalam neraka.

   Golongan yang ketiga adalah orang orang yang suka memfitnah, yaitu orang yang suka membicarakan orang lain dengan perbuatan yang tidak benar. Memfitnah orang lain sama saja dengan menuduh, padahal tidak ada bukti yang kuat kalau orang itu melakukan sesuatu yang ia tuduh.

   Golongan yang keempat adalah orang kaya yang takabur, banyak sekali kita lihat di akhir ini, berapa banyak orang orang kaya yang suka memamerkan hartanya, mereka tidak sadar bahwasanya harta itu adalah titipan dari Allah, yang mana kapan saja Allah mengambilnya maka dalam sekejab harta itu bisa hilang atau habis seketika.

  Golongan yang kelima adalah pedagang yang tidak jujur, yaitu bagi pedagang yang suka mengurangi timbangannya. Pedagang pedagang yang seperti ini menginginkan keuntungan yang lebih besar dengan cara cara yang tidak halal.

   Golongan yang keenam orang orang yang suka riya, perbuatan ini sama halnya dengan takabur yaitu suka menampakkan suatu kelebihan kepada orang lain, semisal seseorang yang suka bersedekah, tetapi ia bersedekah tidak karena Allah, tetapi sedekah ia hanya ingin dilihat oleh orang lain.

   Golongan yang ketujuh adalah orang orang yang meremehkan shalat, golongan yang seperti ini paling banyak menjadi teman iblis di neraka nanti. padahal seperti yang kita ketahui bahwa amalan pertama yang akan diperiksa nanti dihari akhirat adalah shalat, apabila seseorang telah baik dalam shalatnya maka segala amalan yang lain akan mengikutinya,

   Golongan yang kedelapan adalah orang orang yang suka memakan harta anak yatim, golongan yang ini sangat dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya, memakan harta anak yatim sama saja dengan menganiaya mereka, karena Rasulullah sendiri sangat menyayangi anak yatim

   Golongan yang kesembilan adalah orang orang yang tidak mau mengeluarkan zakat hartanya, lihatlah dewasa ini, berapa banyak orang orang kaya yang enggan mengeluarkan zakat hartanya, mereka seolah takut jika hartanya nanti akan habis, mereka seolah tidak tahu, kalau zakat itu dapat membersihkan hartanya, dan harta itu akan semakin bertambah  dan menjadi berkah.

  Dan golongan yang kesepuluh adalah orang yang tinggi angan angannya, biasanya orang orang seperti ini suka berkhayal, mereka suka berandai andai, orang orang yang seperti ini tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya.

  Itulah sepuluh golongan dari umat Rasulullah yang akan menjadi teman iblis kelak dineraka, semoga saja kita dijauhkan dari kesepuluh golongan tersebut
Tag : Siksaan, Syaitan
Back To Top