Waktu yang mustajab terkabulnya doa

   Keseharian kita dalam beribadah tentunya kita tidak lupa memanjatkan doa kepada Allah, semua itu kita lakukan sebagai bentuk permintaan kita kepada Yang Maha Kuasa. Namun begitu ada waktu waktu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa kepada Sang Khaliq. Allah menyediakan waktu waktu tertentu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa kepada-Nya. Tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui waktu waktu tersebut. Maka sebelum kita berdoa ada baiknya kita memahami terlebih dahulu waktu waktu yang mustajab untuk kita melakukan doa kepada Allah. Tetapi banyak dari kita yang menyia-nyiakan waktu yang mustajab tersebut. Bahkan ada waktu yang sangat mudah kita dapatkan di antara waktu waktu tersebut. Dan inilah waktu waktu yang sangat mustajab terkabulnya doa.


   Setiap akhir dari shalat fardhu

Shalat merupakan ibadah yang paling utama yang harus dikerjakan oleh setiap manusia, maka jika seseorang telah baik shalatnya maka segala ibadah yang lain akan menyertainya. Dan disinilah salah satu waktu yang sangat baik untuk berdoa, karena setelah melakukan shalat fardhu sangat baik melakukan doa kepada Allah. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Umamah, bertanya ia tentang doa yang paling di dengar oleh Allah, dan Rasulullah menjawab, "Di pertengahan malam yang akhir dan setiap akhir dari shalat fardhu"


   Antara azan dan iqamah

Waktu antara azan dan iqamah termasuk dalam salah satu waktu yang mustajab terkabulnya doa dari seseorang yang melakukannya. Hal ini sebagaimana sebuah riwayat dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah bersabda,

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

 "Sungguh berdo’a antara adzan dan iqomah tidak tertolak, maka pergunakanlah untuk berdo’a." (Hr. Ahmad).


   Malam lailatul qadar

Tidak semua orang dapat menemui malam dari seribu malam ini, hanya orang orang tertentu yang akan mendapatkan rahmat yang satu ini, tetapi bagi kita tidaklah boleh berputus asa, Allah itu maha penyanyang, Dia akan memberikan segala bagi hamba hamba yang beriman kepada-Nya. Maka ketika tiba bulan yang suci, yaitu bulan ramadhan, karena malam lailatul qadar itu hanya ada di dalam bulan ini, maka perbanyaklah berdoa di bulan tersebut. semoga saja kita akan berjumpa dengan yang namanya malam lailatul qadar. Karena malam lailatul qadar sangat mustajab terkabulnya doa dari seorang hamba.


   Di sepertiga malam yang akhir

Waktu ini kira kira antara jam 2 hingga jam 4 menjelang waktu subuh, inilah waktu yang sangat baik untuk melakukan doa kepada Allah, sebab di waktu yang sunyi ini para malaikat turun ke bumi membawa keberkahan bagi orang orang yang melakukan ibadah kepada Allah,


   Ketika sedang sujud dalam shalat

Ketika sedang melaksanakan shalat seseorang itu sangat dekat dengan sang pencipta, maka ketika kita sedang melaksanakan shalat, maka perbanyaklah membaca doa ketika sedang melakukan sujud.


   Ketika waktu turun hujan

Hujan adalah rahmat yang datangnya dari Allah, maka ketika hujan sedang turun sangat baik untuk melakukan doa.

"Rasulullah ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, "Allahumma shayyiban nafi’an". "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat" (Hr. Bukhari)


   Ketika perang sedang berkecamuk

Semua dari kita tentunya tidak menginginkan yang namanya perang, perang hanya akan membawa kehancuran bagi manusia, maka tidak salah jika kita berdoa di waktu perang, apalagi perang yang terjadi antara umat islam dengan orang orang kafir, di sinilah kita harus berdoa agar Allah memenangkan umat islam.

  Demikianlah beberapa waktu yang mustajab terkabulnya doa, semoga kita dapat mengamalkannya.
Tag : Doa, Fiqh Ibadah
Back To Top